Pilih Laman

GO Digital Membuat Bisnis Makin Praktis

Ada beragam benefit dari bisnis yang dijalankan dengan GO Digital. Tentu saja semakin mudah dan murah. Dengan biaya terjangkau, hasilnya memukau.

Setelah menikah, untuk menambah pemasukan keluarga, kami membuka gerai di rumah. Menjual berbagai macam pakaian. Sudah berjalan bertahun-tahun. Pemasukannya naik turun. Hal ini berlangsung hingga beberapa tahun. Bisnis pakaian atau fashion itu ramai di waktu-waktu tertentu saja. Jadi tidak setiap waktu.

Biasanya naik kalau musim lebaran saja. Saat itu, gerai benar-benar panen. Tapi setelah lebaran, gerai kembali sepi. Ya, biasanya orang beli baju baru saat lebaran saja kan? Hanya beberapa saja yang beli baju baru di bulan-bulan biasa.

Untuk memperbesar pemasukan, kami membuka usaha jualan frozen atau makanan cepat saji. Selama tiga bulan berjalan, jualan frozen atau makanan cepat saji semakin berkembang. Karena perkembangannya lumayan pesat, kami menambah mesin pendingin lagi. Tak diduga, datang pandemi. sedikit demi sedikit pelanggan berkurang. Pandemi mempengaruhi daya beli masyarakat. Banyak yang berkurang pemasukannya, akhirnya belanja pun berkurang pula.

Gerai di rumah semakin sepi saja. Satu dua pelanggan tidak datang lagi. Akhirnya jualan frozen tadi dimakan sendiri. Padahal, biaya operasional freezer cukup besar. Pemakaian daya listriknya mahal. Karena semakin sepi, dua bulan berikutnya mesin pendingin itu dijual lagi.

Merintis Bisnis di Masa Pandemi

Pandemi membawa dampak yang luas. Banyak bisnis yang merugi, orang-orang berkurang penghasilannya bahkan tidak sedikit pula yang kehilangan pekerjaan.

Pandemi benar-benar sebuah ujian. Padahal, selama pandemi, kebutuhan justru semakin meningkat.  Karena di rumah saja, pengeluaran untuk konsumsi semakin besar. Selain itu, pengeluaran yang juga membengkak adalah pengeluaran internet, listrik, pendidikan, dan lainnya.

Keluarga saya pun mengalaminya. Apalagi saya dan istri saya harus mengajar daring. Tentu saja kebutuhan internet semakin membengkak. Kami pun memutar otak, gimana caranya menambah pemasukan? Apa peluang bisnis yang bisa dijalankan bahkan saat pandemi? Tidak mudah mencari peluang bisnis saat pandemi. Apalagi ada kebijakan Pembatasan Sosial Besar-besaran (PSBB) untuk menekan penyebaran Covid-19. 

Suatu hari istri bilang kalau ada peluang bisnis produk kesehatan.

“Mas, ini ada temen yang nawari peluang bisnis, nih..”

“Bisnis apa, Dek?”

“Tentang produk kesehatan, Mas. Coba lihat dulu.”

“Produk kesehatan cocok juga saat kondisi pandemi begini. Orang-orang merasa perlu menjaga kesehatan biar terhindar dari Covid-19,”

“Sepakat, Mas. Peluang yang bagus lho,”

Lalu kami berdiskusi dengan yang menawarkan bisnis itu. Namanya Teh Lilis. Jadi produk bisnisnya adalah british propolish. Propolish ini produk yang dihasilkan oleh lebah.

“British Propolis ini dihasilkan dari sekitar 6000 lebah yang bekerja selama 1 tahun untuk menghasilkan 1 botol berisi 6 ml British Propolis. Khasiatnya sangat efektif untuk menyembuhkan dan menjaga kesehatan.”

“Prinsipnya memperbaiki sel-sel tubuh sehingga banyak penyakit pun bisa disembuhkan, Pak. British Propolis juga sudah tersertifikasi BPOM RI dan Halal MUI sehingga halal dan aman dikonsumsi. Jadi jangan ragu ya Pak,”

“Bagi yang tergabung di mitra BP nanti ada pembinaannya, Pak. Jadi mitra nggak dibiarkan marketing sendiri. Founder bisnis ini adalah Mas Ippho Santosa,”

Wah, aku kenal betul dengan beliau. Banyak bukunya yang jadi best seller. Dan selama ini nggak pernah tuh dengar kontroversi beliau. Aku semakin tertarik.

Aku pengen mendapatkan informasi secara utuh lagi. Makanya aku ajukan beberapa pertanyaan lagi agar semakin banyak pula informasi yang kudapat dari bisnis ini.

“Ada motivasi jadi pebisnis, hidup sehat, strategi marketing, pentingnya saling support pasangan bisnis, mindset sukses, meningkatkan skill media sosial, bahkan parenting. Sudah banyak lho Pak yang bergabung”

Bisnis Praktis. Dari rumah hasilkan rupiah

Cukup lama berdiskusi. Ya, kami tak mau asal buka bisnis. Kalau bisa bisnis itu yang bikin awet dijalankan. Jadi jangan cuma satu dua bulan saja berjalan. Kami juga mempertimbangkan sistem bisnisnya. Nah, dari berbagai pertimbangan itulah kami dapatkan informasi kalau bisnis yang bagus itu ada 5 kriterianya. Dengan alasan ini pula kami mantap dengan bisnis ini.

#1 Marginnya Besar

“Peluang bisnis ini bagus, Pak. Marginnya besar. Apalagi jika bergabung menjadi mitra. Bisa Rp. 33 ribu sampai Rp.70 ribu per botol.”

Hm, bisnis apa sih yang dicari orang kalau bukan untung atau margin? Nah, kalau marginnya besar, bisnis pun dapat untung yang besar pula. Dengan menjual beberapa saja sudah dapat margin yang besar. Nah, temans kalau membuka bisnis, pastikan marginnya cocok ya!

Tak hanya tentang profit, kami mempertimbangkan banyak hal dalam berjualan. Dan ini perlu pula dipertimbangkan saat membuka atau menjalankan bisnis.

#2 Manfaatnya Banyak. Bagus untuk Kesehatan

Meskipun ukurannya kecil tapi banyak manfaat. Ya, produk lebah yang memberikan banyak manfaat. British Propolis (BP) merupakan propolis premium dari negara Inggris. Punya kualitas propolis terbaik yang sudah teruji.

Alasan BP menjadi propolis terbaik bahkan disebut sebagai propolis premium adalah karena propolis ini diambil dari lebah madu yang hidup di empat musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.
Para ahli juga mengatakan bahwa propolis yang baik dihasilkan dari lebah terbaik pula, di mana lebah terbaik adalah lebah yang mampu hidup dalam 4 musim ekstrem tersebut.”

#3 Mudah Dijalankan, Bahkan Dari Rumah Saja

Ini juga yang membuat aku yakin milih bisnis ini. Kenapa? Mudah dijalankan. Jadi bisnis ini bisa dijalankan dari rumah saja, lho. nggak harus sewa toko, lho. Juga tidak butuh ruang yang luas. Tempatnya bisa di rumah saja baik itu di ruang keluarga, ruang tamu, atau ruang belajar. Kalau sudah punya warung di rumah juga semakin bagus.

Juga bisnis ini sifatnya distribusi. Jadi hanya menyalurkan saja. Tidak harus produksi. Justru sebagai distributor kita punya banyak kemudahan. Misalnya dalam bisnis gitar bambu. Kita hanya mempromosikan gitar yang sudah jadi. Kalau ada yang beli, baru kita ambil di pihak produsen atau produksi. Lalu setelah terjual kita bisa dapatkan untung.

Untuk pemula atau yang sedang merintis bisnis, pilihlah bisnis sebagai distributornya.

#4 Repeat Order-nya Tinggi

Karena ini produk kesehatan, pasti repeat order-nya tinggi. Orang akan pesan lagi. Kesehatan adalah hal yang dibutuhkan oleh banyak orang. Tentu saja orang selalu ingin sehat. Nah, dalam menjaga kesehatan itulah salah satu yang dilakukan orang adalah dengan mengonsumsi produk kesehatan.

Sudah setahun kami menjalani bisnis ini. Kami bersyukur hingga sekarang banyak hal yang didapatkan. Misalnya dalam hal omset, sudah ratusan juta sejak bisnis go digital.

4 Senjata Jadi Andalan

Bisnis ini sangat mengandalkan online. Jadi jualannya secara online. Ada empat senjata yang digunakan yaitu WIFI. Apa itu WIFI?

WIFI adalah singkatan dari WhatsApp, Instagram, Facebook, dan Internet. Ya, empat senjata inilah yang digunakan sebagai andalan dalam berjualan.

Saat ini orang sudah sangat akrab dengan media sosial. Hampir tidak ada yang tidak punya media sosial, kan? Bahkan satu orang bisa punya dua, tiga, bahkan akun media sosial. Sepakat?

Orang juga banyak yang punya smartphone. Malah banyak kan yang punya lebih dari satu smartphone? Jangan-jangan pembaca juga punya lebih dari satu smartphone? Nah, selain sebagai alat komunikasi, manfaatkanlah juga untuk bisnis. Dengan empat senjata itu, bisnis dijalankan dari rumah. Walaupun dari rumah, bisa meraup rupiah. Penghasilan pun bertambah.

Kalau ada peluang bisnis halal dan legal, segera jual.

Hal yang aku rasakan dari bisnis digital ini membuat skill semakin dinamis. Kita jadi semakin aktif mencari ilmu tentang digital marketing di internet. Kita terpacu untuk menemukan dan melakukan terobosan agar jualan laku.

Ya, kita harus terus melakukan TEROBOSAN agar tidak BOSAN.

GO Digital, Peluang yang Maksimal

Temans, dunia digital itu punya peluang yang sangat besar. pengguna media sosial di Indonesia sangat potensial. Zaman now sudah serba digital. Apapun sekarang menggunakan digital. Bidang ekonomi, pendidikan, budaya, militer, sosial, dan lainnya ditopan dengan digital. Apapun kalau mau maju harus melibatkan digital.

Platform digital mulai dekat dengan kita bertahun-tahun lalu. Lebih baik nyemplung sekarang daripada tidak sama sekali (Ilham Pinastiko, Founder Pala Nusantara).

Dengan ‘nyemplung’ atau melibatkan digitalisasi di bisnis kita, inilah beberapa benefit yang akan didapat.

1. Lebih Praktis, Bisa Dijalankan Dari Rumah

Dengan jualan online atau melibatkan digitalisasi, bisnis kita semakin praktis. Bisa dijalankan dari rumah. Bisnis tidak perlu toko fisik seperti biasanya. Kantor pun bisa berupa website atau toko online saja.

2. Lebih Hemat Biaya

Saat ini kalau sewa toko fisik, biayanya bisa Rp. 20 juta hingga Rp. 80 juta. Semakin di tempat strategis, harga sewanya semakin fantastis. Itu baru harga sewanya, lho. belum lagi biaya operasional seperti pengeluaran listrik, gaji pegawai, dan lainnya. juga belum harga bahan baku. Ya, harus ada bahan baku dulu baru bisa jualan.
Nah, kalau bisnis yang dijalankan secara online atau memanfaatkan digital, modalnya kecil. Malah hanya butuh smartphone saja sebagai tokonya. Dari smartphone itulah, media sosial menjadi ‘tokonya’. Murah dan mudah, bukan?

3. Pasarnya Semakin Luas

Kalau hanya menggunakan toko fisik, konsumennya hanya sekitar toko saja, kan? Paling banter di satu daerah seperti satu kecamatan atau satu kabupaten saja. Mungkin bisa lebih besar jangkauan pasarnya satu provinsi, itu pun lumayan susah. Tapi kalau melibatkan digitalisasi, pasarnya bisa semakin luas. Bisnis kita bisa dikenal di daerah lain, provinsi yang berbeda, bahkan satu negara. Ya, jangkauan pasar online seperti website lebih luas. Bahkan bisa hingga ke lintas negara. Jadi, digitalisasi memperluas jangkauan konsumen.

4. Bisnis Semakin Dinamis dan Inovatif

Dalam menjalankan bisnis digital ini aku juga belajar tentang hal-hal baru. Misalnya nih dulu nggak kepikiran tentang IG Live, Reels, dan Tiktok untuk bisnis. Lha di bisnis digital ini kita harus mencoba dan memanfaatkannya.

Bisnis GO Digital, Kenapa Tidak?

Apapun bisnisnya, kudu libatkan digitalisasi ya temans. Bisnis misalnya dilengkapi atau lewat website itu lebih meyakinkan dan lebih profesional. Target pasarnya lebih luas apalagi kalau bisa tampil di page one yang bisa diakses oleh banyak orang. Deskripsi produk di website pun bisa lebih maksimal.

Konsumen pun akan mendapat informasi yang lebih utuh. Banyak konten yang bisa dibuat untuk semakin meyakinkan pembeli. Maka, banyak bisnis atau bisnis yang tepat menggunakan website hingga ini.

Aku pun belajar copywriting. Lalu berani membuat artikel tentang produk. Dari beberapa tulisan yang aku buat, ada yang banyak pembacanya. Selama tiga bulan diposting, pembacanya 960-an. Mungkin masih kalah jauh dibandingkan orang ya. Apalagi yang sudah paham dengan SEO bisa muncul di-page one mesin pencarian Google. Tapi bagi aku yang baru belajar ini, capaian 960-an pembaca aja sudah sangat bersyukur. Hehe..

Nah temans, begitulah sekian banyak benefit dari bisnis digital. Bisnis yang disokong dengan digitalisasi punya banyak kemudahan dan kelebihan. Percayakan IDCloudhost untuk merintis bisnis atau membuat bisnis semakin eksis dengan digitalisasi. Ya, IDCloudhost menghadirkan banyak layanan buat mendukung bisnis atau apapun keperluan temans. Misalnya kebutuhan lembaga, perusahaan, maupun kepentingan pribadi.

IDCloudhost merupakan Web Hosting dan Cloud Infrastructure Terbaik di Indonesia. IDCloudhost  enyediakan berbagai layanan Komputasi Awan Seperti Cloud Hosting dengan Control Panel Cpanel dan Plesk, Layanan Reseller Cloud Hosting. IDcloudhost berkomitmen memberikan layanan jujur dan terpecaya untuk seluruh customer di Seluruh Indonesia. Sebagai salah satu Web Hosting Unlimited dengan Fitur dan teknologi terupdate di Indonesia, IDcloudhost memberikan Web Hosting dengan Bandwidth tidak terbatas atau Unlimited.

Aku sih udah punya pengalaman baik dengan IdCloudhost. Aku kenal IdCloudhost sejak 2018 hingga saat ini di tahun 2022. Pertama kali punya blog/website premium aku mempercayakan ke IdCloudhost. Sejak saat itu hingga sekarang percaya banget dengan IdCloudhost. Blog/website yang sedang temans baca ini pun bikinnya di IdCloudhost. Tak pernah kecewa dengan layanannya. Sangat puas bisa punya blog/website karena IdCloudhost. Snngat layak IdCloudhost sebagai Cloud untuk bangsa. Bisnis pun menjadi semakin lancar dengan layanannya IDCloudhost. Apa saja keunggulan layanan IDCloudhost yang layak jadi mitra GO Digital kita?

Platform Terbaik

Dipercaya lebih dari +200.000 Client yang bergabung menggunakan layanan IDCloudhost sebagai solusi tepat untuk Website dan Aplikasi bagi para Startup, Bisnis Online, UMKM, Freelance, Perusahaan, dan lainnya.

Harga Termurah

Kita bisa mendapatkan Web Hosting Murah dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda dengan jaminan Uptime 99.99%. Tersedia pula domain murah dengan berbagai pilihan domain seperti domain TLD, domain Indonesia (ccTLD) Terlengkap dan Termurah di Indonesia.

Privasi & Keamanan

 IDcloudhost juga berkomitmen menjaga dan melindungan segala data dan informasi penting Anda agar tidak salah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan dukungan fitur dan teknologi terupdate.

Support 24/7

IDCloudhost menyediakan Customer Service dan Technical Support 24/7 atau diartikan 24 Jam dalam Seminggu. Hal ini sebagai komitmen memberikan informasi, mengedukasi, dan pelayanan ketika pelanggan melakukan pembelian seperti beli hosting, beli domain TLD dan domain Indonesia.

Beragam Lokasi Server

Lokasi Server yang dapat Anda pilih mulai dari Server Indonesia, Server Singapura, Server Inggris, Server Jepang, dan Server Hongkong. ID

Kemudahan Pembayaran

 IDCloudhost juga menyediakan pembayaran online dengan Paypal, GO-PAY, LINE PAY, Indomaret, Alfamart, dan lainnya sehingga akan mempermudah Proses Transaksi Anda.

Dengan beragam keunggulan itu, IDCloudhost merupakan mitra yang tepat untuk mengembangkan bisnis kita, apapun bisnisnya. IDCloudhost tepat sebagai solusi sempurna untuk bisnis. IDCloudhost juga menyediakan layanan cloud yang bisa didapatkan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade, downgrade atau cancel setiap waktu. Dengan kecanggihan layanan IDCloudHost menggunakan Teknologi seperti Solid-State Drive (SSD), Litespeed, Cloudflare, Cloudlinux, dan lainnya memberikan jaminan yang maksimal. Dengan teknologi itu, website maupun aplikasi anda tetap stabil. Jadi tidak perlu khawatir kalau down pada server website atau aplikasi. IDCloudhost yang dikenal sebagai Cloud Provider Indonesia telah dipercaya dalam hal ini.

Saya sudah ganti-ganti Hosting berkali-kali untuk project macem-macem dari hosting mahal dan murah didalam dan luar negeri. IDCloudHost Paling Cepet dan Fast Response.

Dody Qory Utama

IBM Global Mobile Innovation Tournament Winner

Buat Kami (TechSoup Asia), IDcloudHost jadi contoh keren dimana startup tidak hanya mengejar growth dan profit, tapi juga memberikan dampak dan membantu lebih banyak orang / Organisasi untuk Go Digital.

Iqbal Hariadi Putra

Kitabisa.com & Techsoup Asia

Hubungi IDCloudhost

Kesimpulan

Apapun profesi kita, tidak ada salahnya punya bisnis. Ibarat ungkapan yang mengatakan “Jangan menaruh telur di keranjang yang sama.” Agar kita punya penghasilan dari beberapa sumber. Sebab kondisi yang kita alami tidak ada yang tahu. Jadi kalau Anda guru, dosen, Ibu Rumah Tangga (IRT), dokter, PNS, dan lainnya. Kemudian, kalau sudah punya bisnis, jalankan bisnis dengan digitalisasi. Libatkan teknologi dalam bisnis itu. Banyak sekali benefit yang didapat dari menjalankan bisnis dengan digitalisasi. Pilih juga mitra bisnis yang tepat. IDCloudhost jadi mitra terbaik bisnis digital kita.(*)