Saat ini kita masih dilanda pandemi akibat Covid-19. Masih was-was kalau mau aktivitas di luar rumah, termasuk berobat dengan menggunakan BPJS Kesehatan.

Tapi kini telah ada PANDAWA. Apa itu PANDAWA?

 PANDAWA kepanjangan dari Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp untuk peserta Jaminan Kesehatan Nasional РKartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Ringkasnya, kita bisa dapatkan layanannya dari WhatsApp saja.
Kemarin saya mendapatkan no WhatsApp dari teman saya. Teman saya menyebutnya Chika.

Lantas saya menghubunginya. Hanya lewat WhatsApp saja. Dan Chika, asisten pribadi BPJS Kesehatan itu melayani dengan ramah.

Ada beberapa layanan yang dapat kita tanyakan, di antaranya:
1. Cek Status Peserta
2. Cek Tagihan Iuran
3. Skrining Kesehatan
4. Tutorial Mobile JKN
5. Panduan Layanan
6. Layanan Pandawa
7. Cari Lokasi

Sewaktu saya menghubungi layanan PANDAWA, berikut ini keterangan dari admin:

Salam Sehat Bapak/Ibu
Terima kasih telah menghubungi PANDAWA BPJS Kesehatan Cabang Serang.
Ini adalah Kanal Layanan Administrasi Peserta JKN-KIS melalui CHAT WhatsApp yang akan melayani Bapak/Ibu mulai jam 08.00 s.d. 14.00.

Untuk pengecekan status kepesertaan, dan tagihan iuran peserta PBPU/mandiri dapat menghubungi CHIKA melalui layanan WhatsApp di nomor 08118750400. Untuk permintaan informasi dan pengaduan, Bapak/Ibu dapat menggunakan Aplikasi Mobile JKN atau menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 .

Ketik *LANJUT* apabila Bapak/Ibu ingin melanjutkan layanan Administrasi JKN-KIS.

….

Nah, dengan hadirnya layanan PANDAWA, kita semakin mudah mendapatkan akses pelayanan administrasi kepesertaan. Tanpa tatap muka sehingga semakin aman pula dilakukan.

 

Sementara itu, untuk mendapatkan informasi yang lebih lanjut, kita juga dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

PANDAWA merupakan salah satu inovasi yang sangat memudahkan dan semoga dapat dimanfaatkan dengan baik mengingat masyarakat juga semakin melek teknologi dengan kehadiran smartphone.

Ayo manfaatkan kemudahan layanan administrasi JKN-KIS untuk mengupayakan kesehatan kita.