JAGA KESEHATAN KELUARGA PERTANDA KASIH SAYANG

Kesehatan sangat berharga dalam hidup kita. Setiap orang pasti pengen sehat, to? Bahkan banyak yang mau menukarkan uang atau materinya demi kesehatan. Nah, tentu kesehatan sangat berharga sampai-sampai mau membayar sejumlah uang agar tetap terjaga kesehatan kita.

Namun, sering kali orang abai dengan masalah kesehatan. Padahal, banyak lho manfaat kalau kita menjaga kesehatan. Apa saja manfaatnya?

4 Manfaat Hidup Sehat

 

Pertama, bisa menjalankan ibadah dengan semangat. Kalau badan sehat kita akan semangat melaksanakan ibadah. Baik itu ibadah wajib maupun ibadah Sunnah. Bukankah kita ingin bisa bangun lebih pagi untuk melaksanakan tahajud? Kalau tidak sehat, mana bisa kita bangun di jam segitu.

Lalu Dhuha. Tak hanya 2 rakaat, bahkan kita dianjurkan Sunnah Dhuha dengan 4 rakaat, bahkan lebih. Tilawah satu juz bahkan lebih. Tidak mudah lho satu juz sehari kalau belum biasa. Kalau tidak sehat, baru beberapa lembar saja sudah batuk-batuk, punggung sudah pegal, atau tak betah duduk lama.

Jadi, amalan itu semua bisa dilakukan dengan maksimal kalau kita sehat.

Kedua, jalankan usaha dengan giat. Mau kerjaan ringan atau berat pasti ditunjang dengan badan yang sehat. Kalau tidak sehat, usaha atau jualan pun tidak maksimal.

Kalau tidak maksimal, penghasilan keluarga terganggu, ekonomi keluarga pun terdampak. Nah, supaya keuangan keluarga tetap lancar, kita harus sehat.

Apalagi kalau kita seorang ayah. Dia menjadi tulang punggung keluarga. Ingat, ada istri dan anak-anak yang harus dinafkahi. Kalau sehat, cari nafkah pun giat. Nafkah keluarga bisa dipenuhi.

Ketiga, meningkatkan produktivitas. Kalau badan sehat, kita bisa melakukan banyak aktivitas. Hal ini menunjang produktivitas hidup.

Keempat, menjalani hidup dengan lebih bahagia. Dunia ini indah. Tapi bisa kita rasakan keindahannya kalau kita sehat. Dunia itu penuh kebahagiaan. Tapi bisa kita alami kalau kita sehat.

Misalnya, silaturahmi itu sungguh menyenangkan. Lha bagaimana kita bisa silaturahmi kalau kita sakit? Bertemu dengan orang-orang hebat dari belahan bumi lain sungguh menyenangkan. Lha bagaimana bisa bertemu dengan mereka kalau kita sakit?

Kalau kita sehat pasti peluang besar bisa silaturahmi atau kopdar bersama mitra-mitra kita. Ini kan silaturahmi. Padahal, silaturahmi itu mengundang rezeki dan memperpanjang umur.

Bahkan lezatnya makanan pun bisa kita rasakan kalau indera pengecap kita, lidah, dalam kondisi sehat. Kalau sakit, seenak apapun makanan pastilah ada yang kurang.

Lantas, bagaimana supaya kita dilimpahi kesehatan? Supaya terjaga kesehatan kita?

3 Cara Menjaga Kesehatan

Banyak cara untuk menjaga kesehatan. Simak baik-baik dan mari kita praktikkan ya. Semoga ini menjadi ikhtiar kita menjaga kesehatan.

Pertama, selalu minta kesehatan kepada Allah. Kita harus yakin bahwa Allah-lah yang memberikan kita sehat. Karena itu kita dianjurkan merutinkan Al matsurat yang di dalamnya ada doa:

“Allahumma afini fi badani allahumma afini fi sam’i allahumma afini fi bashari la ilaha illa anta.

“Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada badanku. Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada pendengaranku. Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada penglihatanku. Tiada sesembahan kecuali engkau”

Kedua, menjaga kesehatan mental. Seorang trainer yang sekaligus pengusaha, Mas Ippho Santosa mengatakan ada 3D yang harus kita jauhi. Apa itu 3D?  Kita jauhi dongkol, dengki, dan dendam. Sebab itu semua merusak hati dan mengurangi energi.

Isi hati kita dengan sabar dan syukur. Perbanyak ucapan hamdalah dalam hati kita. Perbanyak rasa sabar atas banyak hal yang terjadi termasuk kondisi Covid-19 yang sedang kita alami. Sembari berdoa agar kehidupan semakin membaik.

Ketiga, senantiasa berpikir positif. Memang banyak hal yang buruk di sekitar kita, tapi hal baik pun lebih banyak. Ada banyak orang jahat, orang baik lebih banyak juga.

Seperti yang diingatkan Mas Ippho, kalau lihat anak muda, pandanglah dia sebagai sosok yang belum banyak dosanya. Sebab dia juga belum lama hidup di dunia. Kalau lihat sosok yang lebih tua dari kita, pandanglah dia sebagai sosok yang lebih banyak amalnya daripada kita. Karena dia sudah lebih lama hidup di dunia daripada kita.

Yakinkan diri bahwa selalu ada hikmah atas peristiwa yang kita alami. Pasti ada kebaikan yang bisa dipetik.

Keempat, ikhtiar sehat. Salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi minuman suplemen kesehatan. Dengan merutinkan konsumsi minuman kesehatan, kita ikhtiar menjaga kesehatan. Menjaga kesehatan merupakan tanda kasih sayang kita kepada keluarga.

Ya, kalau kita sehat, bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga keluarga, lingkungan dan masyarakat. Semoga kita terus sehat dan menjadi pribadi yang bermanfaat. Aamiin.