Kontribusi Partai Demokrat Bantu Pulihkan Bangsa Hadapi Pandemi Covid-19

Daripada mengutuk kegelapan, lebih baik menyalakan lilin. Apa saja kontribusi Partai Demokrat dalam menghadapi pandemi Covid-19

Masalah yang berat akan jadi ringan jika dikerjakan secara gotong royong. Demikian pula ketika menghadapi musibah pandemi akibat Covid-19 ini. Negara benar-benar terpukul akibat pagebluk yang telah berlangsung sejak Januari 2021.

Gotong royong dalam pandemi Covid-19 ditunjukkan oleh Partai Demokrat kabupaten Lebak, Banten dengan beberapa hal. Ya, sejak pandemi yang juga melanda Bumi Multatuli, Partai Demokrat kabupaten Lebak telah berkontribusi dalam banyak hal.

Misalnya vaksinasi masal yang digelar pada 26-28 Agustus 2021. Sebagai kontribusi mendukung program pemerintah, Demokrat menggelar Vaksinasi Covid-19 di Lebak. Acara ini diadakan di DPC Demokrat kabupaten Lebak.

Program vaksinasi Covid-19 memang terus digencarkan oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah. Untungnya, tak hanya pemerintah saja yang melakukannya. Target herd immunity sebesar 75 persen dari total penduduk menjadi target dalam vaksinasi.

Pelaksanaan vaksinasi DPC Demokrat kabupaten Lebak (foto: dokumen pribadi)

Guna mencapai hal itu, DPC Partai Demokrat Kabupaten Lebak pun turut ikut berpartisipasi dengan menggelar vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat. Pelaksanaan vaksinasi tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, menggunakan hand sanitizer dan lainnya. Selama 3 hari digelar, Demokrat Lebak siap menyediakan 500 dosis vaksin tahap 1. Kehadiran vaksinasi ini sangat membantu masyarakat.

Ya, banyak masyarakat yang ingin vaksin. Namun, kadang tidak mendapatkan akses fasilitasnya. Jika pun ada, harus berdesakan dengan yang lainnya sehingga kondisinya tidak nyaman. Namun, pelaksanaan vaksinasi oleh partai Demokrat Lebak berbeda. Pelaksanaannya berjalan tertib.

Hajat besar partai Demokrat ini kentara betul meriahnya. Dengan menggandeng dinas kesehatan kabupaten Lebak, masyarakat yang hadir dengan antusias.

Secara kebetulan, letak kantor DPC Demokrat memang strategi. Berada di tepi Jalan Maulana Hasanudin, Kampung Cempa, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak. Jalan itu memang ramai. Berbagai kendaraan lewat di sana. Mobilitas masyarakat tinggi.

Masyarakat antusias mengikuti vaksinasi (foto: dokumen pribadi)

Selain itu, animo masyarakat pun besar. Hal ini terlihat dari membludaknya masyarakat di kantor DPC Demokrat. Tenda BNPB berukuran besar pun penuh. Masyarakat banyak yang berdiri tak kebagian tempat duduk. Meskipun membludak, masyarakat tetap menjaga jarak.

Kantor milik partai yang menjadikan kader terbaik mereka sebagai orang nomor satu di Lebak ini punya area parkir yang luas. Inilah yang membuat warga pun nyaman memarkir motornya.

Perlu diketahui bahwa partai dekomrat kabupaten Lebak berhasil mengantarkan srikandi terbaiknya menjadi orang nomor satu di bumi seribu madrasah ini. Srikandi itu adalah Hj. Octavia Jayabaya. Bahkan, untuk kali kedua menjadi bupati kabupaten Lebak. Saat ini Hj. Iti Octavia Jayabaya merupakan ketua dewan pimpinan daerah (DPD) partai Demokrat Banten.

Partai Demokrat menargetkan memberikan vaksin kepada 500 orang. Persyaratannya cukup mudah yaitu membawa fotocopy KK atau KTP. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yakni 26-28 Agustus 2021. Bahkan jika lebih dari 500 orang maka akan tetap dilayani tim medis.

“Pandemi Covid belum berakhir. Kita semua sebagai anak bangsa harus bahu membahu dalam memerangi Covid-19. Mudah-mudahan pandemi segera terkendali,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Lebak Mahpudin.

“Targetnya 500 orang. Lebih dari itu akan kita layani. Kami ingin masyarakat Lebak yang dipimpin Bupati Iti Octavia Jayabaya memiliki kekebalan dalam melawan virus Covid-19,” pungkasnya.

“Sebagai partai yang didirikan dengan semangat pro rakyat, partai demokrat sejak awal berpandangan pandemi Covid-19 & krisis ekonomi yang menyertainya adalah masalah yang juga kita harus bantu atasi, bukan hanya kita kritik, meski kita berada di luar pemerintahan".

– Agus Harimurti Yudhoyono

Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Partai Demokrat telah fokus berkontribusi membantu penanganan Covid-19. Berbagai program diluncurkan. Tak menyalahkan pemerintah atas penanganan yang sudah dilakukan. Namun, seperti ungkapan, ‘daripada mengutuk kegelapan, lebih baik menyalakan lilin’ itulah yang menjadi prinsip partai demokrat.

Vaksinasi ini merupakan pengejawantahan semangat yang diinstruksikan ketua umum partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Nah, selain itu, berbagai program digelar oleh partai berlambang bintang segi tiga merah putih ini.

Bantuan langsung tunai kepada masyarakat terdampak pandemi covid-19

Bantuan sembako berupa makanan dan kebutuhan sehari-hari

Bantuan masker oksigen vitamin dan obat-obatan

Bantuan disinfektan serta APD untuk penyemprotan di rumah-rumah warga yang masuk dalam zona merah

Bantuan tes antigen dan tes PCR

Bantuan pengisian oksigen gratis

Bantuan makanan untuk tenaga kesehatan staf dan karyawan RSUD maupun Puskesmas

Bantuan wi-fi gratis untuk anak-anak yang bersekolah

Bantuan untuk para pelaku UMKM terdampak Covid-19.

Kita tidak tahu kapan pandemi ini berakhir. Namun, dengan bergotong royong, kita bisa menghadapinya dengan lebih optimis. Inilah saatnya untuk peduli dan berbagi membantu kepentingan rakyat.