Setiap murid istimewa dengan impiannya. Tugas utama guru adalah mendukung impian muridnya.

Mereka ke sekolah membawa impiannya masing-masing. Ada yang ingin kuliah lagi di kampus terbaik di Indonesia, ada yang ingin jadi pengusaha, ada yang ingin jadi dokter, sampai ada yang bermimpi jadi menteri. Wow, keren sekali.

#HidupkanMimpimu #BimbelRuangguru #Ruangguru #BelajardiRumah #ReviewRuangguru.

Aku pernah mensurvey cita-cita anak muridku. Ada yang bercita-cita ingin jadi farmasis, apoteker, penulis, pengusaha, atlet basket, dokter, dermatologis, pengusaha, ahli beladiri, dokter bedah, arsitek, ahli IT, penghafal Al-Qur’an, ilustrator, psikolog, design interior, dan dosen. Itulah jawaban 32 siswaku sewaktu aku tanya apa cita-cita mereka. Banyak sekali ya? Dalam satu kelas, guru berhadapan dengan siswa yang memiliki banyak impian.

Dan menurutku, tanggung jawab guru adalah membantu siswa meraih impian mereka. Segitunya? Iya. Tentu sesuai kemampuan guru.

Lalu, apa mudah untuk meraih impian itu? Tentu tidak. Mereka harus berjuang mewujudkannya. Jalan yang ditempuh pun sangat panjang.

Yang mereka lakukan saat ini adalah menjalani step-step-nya. Melewati jenjang demi jenjang tingkat sekolah. Mereka harus tiga tahun selama di SMA.

Dan saat ini yang harus mereka lakukan adalah menyelesaikan tugas belajar. Memahami setiap pelajaran yang ada di kelas. Coba aku tanya, apakah hal itu mudah? Tentu jawabannya bisa berbeda. Ya kan?

Ada yang jawab kalau itu nggak mudah. Yap. Memahami dan menaklukkan setiap pelajaran kadang tidak mudah. Butuh keseriusan. Kudu super fokus supaya paham dengan yang diajarkan guru. Apalagi di masa pandemi begini.

“Boro-boro paham, Pak. Susah banget nih pahamnya. Udah sinyalnya lemot, materinya juga nggak paham-paham,” kata seorang siswaku.

“Pusing, Pak. Belajar di kelas aja susah pahamnya. Apalagi online begini,” kata siswaku yang lain lagi.

Lainnya bilang, “Ya kadang-kadang paham. Kalau materinya nggak terlalu sulit aku bisa sih ngikutin. Tapi kalau materinya susah aku ya nggak paham. Maafin ya Pak.”

Begitu kata mereka, sewaktu aku tanya di grup kelas. Hm, jawaban mereka hampir sama ya tentang susahnya belajar. Aku nggak marah ke mereka. Atau meremehkan mereka juga. Wajar kok. Lha aku dulu juga begitu.

Maksudku, sewaktu aku juga begitu. Susah dengan mata pelajaran, hehe…

Iya, aku mau ngenalin diri. Namaku Pak Padil. Aku mengajar fisika kelas XI SMA. Ya, aku seorang guru. Menurutku, tugas guru juga tidak ringan. Mereka punya impian, guru yang membantu mewujudkan. Kalau mereka punya 32 impian, maka tugasku juga mewujudkan 32 impian itu. So, tugasku berat juga. Kalau aku ngajar di depan kelas, seakan-akan aku bisa melihat ada 32 tulisan profesi di atas kepala mereka.

Inilah Tugas Utamaku…

Tak usah jauh-jauh. Tugas utamaku adalah membuat mereka paham dengan pelajaran yang aku ajarkan. Gampang? Tentu tidak. Apalagi aku ngajar fisika. Sebuah mata pelajaran yang dibilang sulit. Bener nggak ya? Hehe… sewaktu aku tanya ke siswa, rata-rata menjawab seperti ini:

=

Banyak rumus yang harus dihafal

=

Soal ini bingung pakai rumus yang mana

=

Sulit pahamnya

=

Aku lemah dihitung-hitungannya

=

Waktunya kurang buat memahaminya

Keluhan itulah yang sering dikatakan siswa. Hm, semakin besar tanggung jawabku. Lalu aku pun berpikir keras gimana supaya aku bisa mengajar dengan mudah dicerna, mudah diingat dan membuat mereka senang dengan pelajaranku. Aku pun mencari berbagai referensi untuk mendapatkan cara mengajar terbaik. Belajar lagi mencari ilmu baru agar bisa mengajar yang baik agar siswa bisa paham.

Yah, walaupun sudah jadi guru, aku nggak berhenti belajar. Aku justru terus belajar dan belajar lagi.  Kenapa aku terus belajar? Sebab aku ingin memberikan yang terbaik buat murid-muridku.

Aku pun belajar lagi. Bener nih? Emang belajar apa sih? Hehe… Aku belajar lagi tentang fisika. Baca-baca buku fisika. Latihan mengerjakan soal-soal fisika sampai dapat  pemecahannya. Lalu mempelajari video pembelajaran fisika. Dan yang terpenting, aku langganan Ruangguru. Mengapa aku pilih Ruangguru ntar aku jelaskan di bawah ya..

Aku belajar bagaimana berteman dengan murid zaman now. Yang pastinya secara kondisi beda dengan murid sewaktu aku sekolah. Aku harus bisa nyesuain diri dengan murid-muridku.

 

“Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu” Ali Bin Abi Thalib

Ya, guru harus bisa up to date. Biar nggak kuper. Biar bisa nyesuaikan dengan muridnya yang gaul dan melek teknologi.

Kadang-kadang bingung dan stress juga. Gimana sih caranya supaya apa yang aku ajarkan bisa dimengerti dengan mudah. Nah, aku orang yang tidak pelit ilmu. Kalau ada siswa yang bertanya, aku malah seneng pake banget. Hehe…

Selain itu, aku selalu bilang kalau siswa boleh saja mencari perbandingan ilmu dari sumber lain. Baik itu dari guru maupun sumber lainnya. Bagiku tak masalah mereka, yang penting mereka paham dengan materi.

Oh iya, aku tadi bilang, kalau aku selalu belajar ya. Dan salah satu temen belajarku adalah Ruangguru. Udah tau kan dengan bimbel online terbaik ini?

Walaupun udah jadi guru, aku merasa perlu berlangganan Ruangguru. Setelah aku langganan, aku bener-bener ngebuktiin kalau Bimbel Online no 1 ini emang keren. Aku jadi paham dengan apa yang aku ajarkan. Nggak bakalan nyesel langganan Ruangguru. Cuma satu penyesalanku. Kenapa Nggak dari dulu ya…Hehe…

Guru kudu paham duluan daripada murid. Apa kata dunia kalau guru tidak paham dengan yang diajarkannya. Hehe…

Gini nih keseruan dan keseriusanku belajar bareng Ruangguru

Berkontribusi Untuk Pendidikan Indonesia

“Lagi ngapain Mas?” tanya isteriku di suatu malam. Saat itu aku lagi ngadep laptop. Menyimak satu materi yang besok aku ajarkan.

“Ini lho, Dek. Belajar memahami penyelesaian soal fisika”.

Di keluarga ku, aku manggil isteri dengan sapaan ‘Dek’. Dan istriku memanggil ‘Mas’. Kami orang Jawa. Jadi milih sapaan itu.

“O.. Mau dibuatin minum apa?”

“Teh anget aja deh, Dek. Makasih ya.”

“Iya. Sebentar dibuatin.”

Begitulah suport istriku saat aku sedang belajar.

Aku cinta banget sama Indonesia. biarpun bagaimana kondisinya. Sebab, di Indonesia lah aku dilahirkan dan dibesarkan. Tentu saja aku harus balas budi. Gimana caranya?

Sebisa yang aku lakukan. Karena aku seorang guru, maka balas budi yang bisa aku lakukan adalah berkontribusi di dunia pendidikan Indonesia dengan mendidik yang sebaik-baiknya. Aku ingin mereka menjadi murid yang pintar, cerdas, dan berprestasi.

Syukur-syukur aku bisa menjadi guru yang terbaik untuk mereka. Bisa dekat dengan mereka. Ya mudah-mudahan cita-citaku bisa mewujudkan cita-cita mereka. Aamiin.

Karena itu, aku nggak mau setengah-setengah jadi guru. Aku harus bisa memberikan yang terbaik buat murid-muridku.

Makanya, aku langganan Ruangguru biar aku paham dengan apa yang aku ajarkan. Dan Ruangguru ini bener-bener temen belajar terbaik. Jadi cepet ngerti dan paham dengan materinya.

Salah satu tugas utama guru di dunia ini adalah mendukung impian muridnya, apa pun yang terjadi.

Kalau ada waktu senggang, aku selalu meningkatkan kemampuanku. Baca buku atau belajar di Ruangguru.

Bener. Asyik banget deh belajar di Ruangguru.

Aku pun merekomendasikan muridku buat belajar pakai Ruangguru. Ya itu tadi, bener-bener keren buat teman belajar. Banyak yang mau juga. Syukurlah. Yang penting mereka tambah paham dengan materi pelajaran.

“Wiih, keren Pak materinya. Aku jadi gampang paham.”

“Emang bagus Pak. Penjelasannya bikin aku paham.”

“Asyik bangeeet pakai Ruangguru.”

“Bisa didownlad biar dilihat berulang-ulang. Asyik dong.”

Murid-muridku yang juga semangat belajar dengan Ruangguru

Oh iya, tadi aku bilang kalau aku pilih Ruangguru. Nah, aku kasih tahu ya kenapa aku pilih Ruangguru. Aku sudah beberapa kali pelajari bimbel lainnya tapi kesimpulanku Ruangguru yang terbaik.

 

kali ini aku merasa jodoh dengan aplikasi Ruangguru karena di sana sangat mudah dan gampang dimengerti sehingga aku tidak perlu lagi susah untuk menjelaskan kepada siswa.

Keinginan untuk tinggal sendiri, pisah dari orang tua, bukan berarti tidak mau dekat dengan orang tua lho. Bukan pula karena ada masalah dengan orang tua. Hubungan dengan orang tua baik-baik saja. Ya itu tadi, hanya ingin bisa mandiri, agar tidak bergantung terus dengan orang tua.

Saat dekat dengan orang tua, kadang membuat ketergantungan. Kurang kreativitas, tidak keluar kemampuan terbaiknya. Kurang terasa perjuangan membangun rumah tangga. Hehe..

Setelah berumah tangga, banyak kebutuhan yang harus dipikirkan. Kebutuhan berupa sandang (pakaian), pangan (makanan) , dan papan (rumah). Kebutuhan akan rumah semakin pesat mengikuti pertumbuhan jumlah penduduk.

Teori Robert Malthus tentang laju pertumbuhan penduduk menyatakan bahwa "Laju pertumbuhan penduduk itu seperti deret ukur, dan laju pertumbuhan pangan seperti deret hitung" . Artinya laju pertumbuhan penduduk lebih cepat dibandingkan laju pertumbuhan pangan. Begitu pula kebutuhan akan rumah.

Sementara, harga rumah (dan tanah) semakin lama semakin naik. Jika tidak diimbangi dengan pendapatan yang mumpuni, punya rumah sendiri ibarat ilusi. Makanya, program perumahan bersubsidi sangat membantu terutama bagi pasangan keluarga baru.

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan, telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Ruangguru juga telah bermitra dengan 32 (dari 34) Pemerintah Provinsi dan 326 Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia. Kamu tak perlu ragu kualitasnya karena Ruangguru telah memenangkan sejumlah penghargaan di dalam dan luar negeri, termasuk Solver of MIT, Atlassian Prize,UNICEF Innovation to Watch,Google Launchpad Accelerator, dan ITU Global Industry Award.

Berdiri tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk sektor teknologi konsumen di Asia. Di tahun 2019, mereka mendapat penghargaan sebagai Emerging Entrepreneur dari Ernst & Young.

Materi di Ruangguru disajikan dengan menarik. Layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.

Dengan berbagai fitur di itu, pastinya membuat belajar semakin menyenangkan dan mudah dipahami. Kebayang animasinya yang unik dan keren jadi seolah kamu nggak sedang belajar. Seakan sedang nonton Yutube. Hehe…

Sehingga, kamu akan semakin enjoy Belajar di rumah

Aku pernah beberapa kali nge-chat admin instagramnya. Dijawabnya cepet. Langsung, gak pake lama. Bahkan pernah agak malam begitu. Tadinya aku iseng aja. Kalo pun dijawab besoknya juga nggak papa deh. Eh dijawab langsung malam itu juga. Jawabnya dengan ramah. Salut deh.

Ada enam produk andalan Ruangguru. Kamu silakan pilih aja.

Satu, Ruangbelajar

Kamu bisa belajar dengan menonton video materi, latihan soal, dan membaca rangkumannya. Dikemas dengan animasi dan diajarkan oleh tutor terbaik yang memudahkan untuk memahami setiap materi. Gunakan ruangbelajar di PC atau laptop kamu. Belajar kini lebih nyaman dengan layar yang lebih besar.

Dua, Ruang Belajar Plus

Fitur membuat Kamu Siap Jadi Juara. Grup belajar interaktif dengan live streaming, tutor standby dan berbagai fitur menarik lainnya. Kamu bisa diskusi materi pelajaran lebih dalam, mendapatkan tips & trick, tanya jawab dan berbagai kegiatan seru lainnya.

Ada enam layanan dalam fitur ini yaitu live streaming, tutor standy, materi lengkap dan mendalam, bebas pilih topik, free konseling, dan grup kekinian. Wuih, lengkap ya. Yuk tinggal pilih aja.

Tiga, Ruangles

#PastiBisa belajar privat selama COVID-19 di rumah! Guru-guru terbaik siap membimbing kamu secara online. Belajar privat dengan guru terbaik pilihan ruangles!

Fitur ini menyediakan guru terbaik tersebar di seluruh Indonesia, guru berpengalaman & profesional, topik mata pelajaran lengkap dan beragam, belajar di mana saja & kapan saja, dan Jaminan Puas.

Empat, Ruanglesonline

Ruanglesonline akan membantu kamu membahas soal dan mengerti pelajaran via live chat! Wah, enak nih. Jadi kalau ada PR atau kesulitan ngerjain apa, kamu bisa selesaikan dengan segera.

Lima, Ruanguji

Ruanguji ini buat persiapan PTS, PAS, UNBK, dan UTBK kamu! Pemahaman lebih matang dengan pembahasan lengkap dan analisis hasil tryout-mu

Enam, Ruangkelas

Layanan Learning Management System sebagai sarana kelas virtual untuk para guru dan murid. Udah kayak kelas aja. Di sana kalian bisa berinteraksi dengan guru dan murid lainnya. Seakan kelas berpindah di sana aja.  Udah nggak ada bedanya dengan kelas tatap muka. Jadi, masa pandemi begini bisa di atasi dengan Ruangkelas

Tau berapa biaya paket langganan Ruangguru? Untuk 1 tahun hanya Rp. 540.000. tadinya Rp. 1.350.000 lho. Dapat diskon dengan kode JADIJUARA. Nah, kurang baik apa coba Ruangguru? Biaya ini sangat terjangkau dan jauh lebih murah. So, tunggu apa lagi, ayo segera langganan paket Ruangguru. Sebentar, sebentar. Kalo aku itung-itung ya kita hanya mengeluarkan uang sekitar Rp. 1500 dalam sehari. (Rp. 540.000 : 365 = Rp. 1479). Hm, dengan uang yang sangat hemat ini bisa nganterin kamu jadi JUARA.

Ada kakak-kakak yang siap menjawab semua kegalauanmu tentang belajar. Ada kak Dhanar atau Dhanardi Riansyah (Master Teacher Matematika) yang merupakan lulusan matematika UI. Ada Kak Indah atau Nur Indah Lestari (Master Teacher Sejarah), lulusan S2 Pendidikan Sejarah dari Universitas Negeri Jakarta. Dan kakak-kakak lainya yang sangat ramah dan pinter.

Penutup

Sekarang pilihan ada di tangan kamu. Apa kamu mau jadi juara? Mau menjadi terbaik? Mau mewujudkan impianmu? Mau memberikan yang terbaik untuk orang tuamu? Kalau iya udah saatnya kamu memilih terbaik buat teman belajarmu. Jangan ragu lain buat gabung dengan Ruangguru sebagai solusi terlengkap dalam satu aplikasi yang telah dipercaya oleh lebih dari 17.000.000 pelajar dan lebih dari 300.000 guru di Indonesia. Nggak cuma untuk SMA aja lho. Tapi buat SD-SMP-SMA-SMK juga. Chayo!

Tulisan ini aku ikutkan dalam Lomba Blog yang diadakan oleh Ruangguru.

Gambar dan informasi bersumber dari https://ruangguru.com #HidupkanMimpimu #BimbelRuangguru #Ruangguru #BelajardiRumah #ReviewRuangguru.