Mudahnya Zakat Online dan Berbagi Kebaikan Bersama Sinergi Foundation

“Pak Padil punya 2 ribuan? Saya mau beli susu buat anak ini kurang, Pak. Maaf banget ini saya minta,” kata Pak Ilham, guru kebersihan di sekolah saya, setelah dengan malu-malu mendekati saya.

Astaqfirullah, saya kaget sekali. Buat beli susu mungkin tidak seberapa besar. Tapi bahkan untuk itu, dia tidak punya sesuatu lagi. Seketika saya merasa berdosa karena tidak tahu saudaranya dalam kondisi kekurangan.

“Kalau nggak merepotkan ya,”

“Ya nggaklah, Pak,”

Lalu saya merogoh dompet. Meneliti sebentar dan mengambil uang pecahan Rp. 50 ribu.

“Ini Pak Ilham. Buat nambahin beli susu atau jajan anak,”

“Wah, kok segini, Pak Padil?”

“Nggak apa-apa, Pak Ilham”

Pak Ilham bilang jadi ragu-ragu menerimanya. Saya memaksanya. Baru dia mau menerimanya. Sepulangnya Pak Ilham, saya terpekur. Merasa kurang peka, sampai-sampai orang dekat saja tidak tahu kondisinya. Kalau sampai minta berarti sangat terdesak.

Banyak orang yang dalam kondisi kekurangan. Tapi kita tidak tahu. Mari bersegera berbagi kebaikan. Yang kita beri mungkin sederhana, tapi bagi mereka bisa menjadi luar biasa.

Memanfaatkan Amanah untuk Berbagi

Sangat mungkin ada orang lain lagi yang mirip dengan Pak Ilham. Lalu saya berpikir untuk memberikan sesuatu untuk guru-guru. Kebetulan saya ketua koperasi sekolah. Namanya koperasi serba usaha (KSU) Al Qudwah, bergerak di bidang usaha dan pembiayaan. Insya Allah dijalankan secara syariah. Menjelang Ramadhan, koperasi memberikan bingkisan kepada 173 guru-guru.  Di sini, dinamakan munggahan. 

Bingkisan itu berupa bahan pokok seperti gula, minyak goreng, daging ayam, dan sirup. Alhamdulillah bisa disisihkan dari penghasilan koperasi. Berharap bingkisan itu bisa memberikan kebahagiaan kepada guru-guru.

“Alhamdulillah, terima kasih, Pak Padil. Semoga koperasi semakin maju,”

Berbagai ucapan syukur dan terima kasih diucapkan oleh para guru.

Berbagi bingkisan saat munggahan Ramadhan

Ada petuah bijak. Dalam urusan dunia, lihatlah ke bawah. Hal ini membuat kita bersyukur karena dalam kondisi yang lebih beruntung daripada mereka. Dalam urusan akhirat, lihatlah ke atas.

Bagaimana memunculkannya? Saya punya tips nih. Coba sekali-kali keluar rumah, jalan-jalan. Tapi kali ini nikmati perjalanan dengan santai, lalu lebih jeli memotret apa yang ditemui di jalan.

Mungkin kita akan ketemu pemulung yang harus mencari satu dua bekas botol mineral atau kardus. Atau pedagang kaki lima yang harus berpanas dan berdebu berjualan. Atau tukang sol sepatu yang berjalan memanggul peralatan mencari nafkahnya. Atau pengamen jalanan baik itu yang memakai gitar, alat musik, maupun manusia silver. Begitulah beratnya dalam mencari nafkah. Lalu bandingkan dengan kita yang tak perlu seperti mereka dalam mencari nafkah. Hm, kita jauh lebih beruntung.

Mudahnya Berzakat Online di Sinergi Foundation

Satu kebaikan yang kita anggap kecil hari ini bisa jadi menumbuhkan kebaikan besar. Kebaikan yang bisa menyentuh banyak lapisan. Menolong orang tua yang tengah berjuang menafkahi keluarga, guru yang tengah berjihad dengan ilmunya, atau membantu anak mewujudkan cita-cita mulianya. (Ciptakan Kebaikan Setiap Hari – Sinergi Foundation)

Saya : Assalamualaikum

Sinergi Foundation (SF)  : Wa’alaikumsalam

Saya : Kak,Saya mau menyalurkan zakat fitrah lewat Sinergi. Apakah bisa?

SF : wa’alaikumsalam,  mangga Pak, Bisa InsyaAllah

Saya    : Kalau pakai uang saja, bisa?

SF: Boleh Pak, nanti kami menyalurkannya menjadi beras

Saya    : Siap. Untuk 5 jiwa, berapa uang yang harus dibayarkan? Boleh minta no rekeningnya?

SF: perorang nya 3 kg di kali harga beras yg di konsumsi, kalau di Sinergi Foundation harga yg dipakai 15.000 jadi perorang 45.000

SF: Alhamdulillah, boleh Bapak/Ibu. Apabila sudah transaksi boleh langsung konfirmasi. Terimakasih.

Tidak berapa lama, saya selesai membayarkan zakat fitrah untuk kelarga saya yang berjumlah 5 jiwa dengan orang tua. Bukti transfernya saya kirimkan.

Begitulah pengalaman saya membayarkan zakat tanpa harus keluar rumah. Pas sekali dengan kondisi saat ini, kita sedang menjaga jarak dan mengurangi aktivitas di luar untuk pencegahan Covid-19.

Zakat Online bisa menjadi pilihan. Paktis, tak perlu keluar rumah, Tak perlu menunggu menjelang Idu Fitri. Bahkan zakat fitrah bisa dibayarkan sejak awal bulan Ramadhan. Majelis Ulama Indonesia pun lewat Fatwa MUI Nomor 23 tahun 2020.

Kemajuan teknologi memiliki banyak manfaat. Hal ini juga dimanfaatkan untuk mempermudah pelaksanaan ibadah. Seperti zakat online yang membuat kita bisa menunaikan zakat dengan mudah.

Seperti halnya membayar zakat fitrah tadi, kita juga bisa membayar donasi lainnya lewat Sinergi Foundation. Tiga layanan zakat yang bisa kita lakukan lewat Sinergi Foundation yaitu zakat maal, zakat penghasilan, dan zakat fitrah.

Begitu mudah berdonasi. Bahkan saldo e-money pun bisa disedekahkan. Ya, kadang ada saldo di dompet digital masih mengendap. Untuk transaksi nominalnya kurang, mau diuangkan juga nggak bisa. daripada mengendap, bisa disedekahkan ke Sinergi Foundation. Lebih bermanfaat.

Begini caranya.

  1. Masuk ke laman bit.ly/infaksinergi
  2. Pilih program yang ingin dibantu dan KLIK Donasi
  3. Isi jumlah rupiah yang ingin didonasikan
  4. Pilih metode pembayaran Gopay/ShopeePay/Ovo/LinkAja/Jenius/Dana
  5. Isi data diri

Prosesnya nggak sampai dua menit. Ringkas saja. Tapi kita bisa membuat dana mengendap menjadi lebih bermanfaat. Banyak pahala pula dengan dana itu. Berapa pun nominalnya insya Allah menjadi pahala kita. Kita juga dapat Zakat Online menggunakan scan kode QRIS yang didukung berbagai dompet digital seperti OVO, Gopay, LinkAja, ShoopePay, Jenius, atau DANA. Dapatkan kode QRIS-nya dengan mengunjungi website resmi Sinergi Foundation di www.sinergifoundation.org atau melalui bit.ly/sinergizakat

Berbagi kebaikan harus disegerakan. Sekarang ini berbagi sangat mudah dilakukan. Berbekal smartphone dalam genggaman. Berbagi kebaikan bisa dilakukan dengan transferan. Beberapa alasan mengapa kita layak percaya pada Sinergi Foundation.

=

Mudahnya Pelayanan

Layanan berzakat atau berdonasi apapun bisa dilakukan dengan mudah. Bisa dilakukan lewat media sosial (instagram, WhatsApp) maupun lewat website.

=

Terpercaya dan Amanah

Sinergi Foundation telah berkiprah sejak 14 Oktober 2002. Legalitas Sinergi Foundation terdaftar berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU – 5622.AH.01.05. Tahun 2011. Terdaftar sebagai Lembaga Amil Zakat sesuai SK Menteri Agama DJ.III/564 Tahun 2016.

=

Memiliki Banyak Program

Hingga Desember 2020, Sinergi Foundation telah memberikan manfaat kepada 770.752 penerima manfaat. Sebanyak 37.659 donatur dan 13.074 mitra bersinergi bersama Sinergi Foundation.

=

Banyak Pilihan Berdonasi

Tak perlu bingung dengan biaya transfer antar bank sebab Sinergi Foundation memiliki 6 lebih rekening tujuan yang dapat dipilih sesuai rekening asal kita.

=

Aman dan Legal

Semua dana yang terhimpun di Sinergi Foundation murni disalurkan untuk kepentingan sosial, dan BUKAN untuk tujuan pencucian uang, terorisme, maupun tindak kejahatan lainnya.

=

Memiliki Jangkauan Luas

Programnya luas. Menebarkan kebaikan hingga ke pelosok Nusantara seperti Kalimantan dan Papua, hingga masyarakat dunia, seperti rakyat Palestina.

=

Laporan Donasi Aktual Dan Jelas

Setelah berdonasi, admin akan memberikan informasi transaksi yang dilakukan. Selain itu, laporan donasi diberikan dengan jelas sehingga kita tidak ragu lagi dengan sebaran donasi yang diberikan.

Dibalik keceriaan kita menyambut Hari Raya Idul Fitri, ada banyak kaum dhuafa yang tak seberuntung kita. Mereka hidup dalam serba kekurangan dan keterbatasan. Alangkah baiknya jika kewajiban zakat segera kita tunaikan. Sebagian orang merasa enggan mengeluarkan zakat. Alasannya? Zakat akan mengurangi harta yang dimiliki.

Zakat bukan hanya untuk membantu orang lain tetapi juga untuk membersihkan harta dan jiwa sekaligus sebagai pemerataan kemakmuran untuk mencapai keadilan sosial. Ayo segera Bayar Zakat. Jangan tunda untuk berbagi bahagia. (*)

#RamadhanSiapBeramal

Kantor SF Bandung

Jl. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki)
No. 143 Bandung 40173

Telp: (022) 6120 218
Fax: (022) 6120 130

WhatsApp : 0813-2120-0100

Gedung Wakaf 99

Jl. Sidomukti No. 99 H
Bandung 40123

Telp: (022) 251 3991
Fax: (022) 2511 865

 

Sosial Media: