Siap Hadapi Tantangan Global dengan Kurikulum Internasional SAMPOERNA UNIVERSITY

Pada Minggu, 19 Februari 2023 di sekolah kami ada pertemuan orang tua. Banyak orang tua menyampaikan agar sekolah memberikan layanan pendidikan terbaik sehingga semakin terbuka lebar peluang anak-anaknya diterima di perguruan tinggi serta mendapatkan pekerjaan yang bagus.

Hal yang sama, banyak siswa yang ketika ditanya apa kriteria sekolah/perguruan tinggi menjawab bahwa fasilitas, program atau kegiatan, dan pengajarnya menjadi kriteria dalam menentukan perguruan tinggi lanjutan. Hal ini amat wajar karena saat kuliah kita berharap yang terbaik untuk pendidikan.

Berfoto bareng Komite Sekolah  (sumber foto: dokumentasi pribadi)

Dalam setiap pertemuan, orang tua selalu berharap kepada sekolah agar mendapatkan pengalaman belajar dan hasil pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Baik saat masih di bangku SMA maupun ketika lanjut ke perguruan tinggi.

Kurikulum dipandang sebagai jantung pendidikan, sebagaimana halnya jantung pada diri manusia, ketika jantung bermasalah, maka hidup kita akan bermasalah (Zulfikri Anas Pusat Kurikulum dan Perbukuan).

Pendidikan internasional memberikan kecakapan hidup yang lebih lengkap dan kompleks. Tidak hanya mengedepankan akademis tetapi juga skill life skill yang berguna untuk menghadapi tantangan masa depan.

Pendidikan mendorong individu untuk bertumbuh dan berkembang memiliki kreativitas pengetahuan yang luas dan karakter yang baik. Kurikulum merupakan semua kegiatan yang diberikan kepada peserta didik atas tanggung jawab sekolah. Kurikulum membantu pendidikan mencapai target pembelajaran yang diinginkan.

Saya menjadi guru sejak September 2011. Saat ini sudah lebih dari 12 tahun menjadi pendidik. Selama itulah saya merasa bahwa menjadi guru harus terus belajar. Guru bisa belajar lewat buku, internet, diskusi, atau pelatihan.

Seorang siswa kami, Maliya Finda Dwi Putri pernah mendapat hadiah berkunjung ke Amerika karena meraih emas pada lomba karya Ilmiah Remaja (KIR). Ada banyak hal yang dia dapat dari berkunjung ke sana.

“Hampir tiap hari kami ada kunjungan ke tempat yang berkaitan dengan science seperrti museum, laut, atau ke pameran science. Siswa bener-bener mindful dan menghargai speaker. Nggak ada yang ngobrol saat speaker berbicara. Kami dibiasakan berkolaborasi. Ngelakuin beberapa praktik games tapi based on science. Buat nyelesain tugasnya bareng-bareng. Banyak sesi presentasi dari siswa. Selain itu, apresiasi full kalau ada siswa maju. Banyak hal lebih meng-encourage siswa agar enjoy the class, active, confident pas ngomong di depan.”

Siswa kami ketika kunjungan ke Amerika (atas) Memenangkan lomba KIR (bawah)

Mengapa

SAMPOERNA UNIVERSITY ?

Sampoerna University adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang menawarkan pengalaman pendidikan tingkat tinggi ala Amerika. Sampoerna University memiliki standar kurikulum pendidikan, fakultas, fasilitas, dan operasional Amerika Serikat di Indonesia.

Bekerja sama dengan University of Arizona, Sampoerna University menawarkan Program Gelar Ganda yang memungkinkan Anda belajar selama 4 tahun di Jakarta dengan kurikulum Amerika Serikat dan lulus dengan 2 gelar yaitu Gelar Sarjana AS terakreditasi dari University of Arizona dan Gelar Sarjana (S1) terakreditasi dari Sampoerna University.

Pendidikan tinggi di Amerika termasuk terbaik di dunia. Ada 40% dari 200 universitas terbaik di dunia berada di Amerika Serikat. Sementara itu, University of Arizona adalah peringkat 46 di dunia menurut Council of World University Rankings (CWUR) 2020– 2021.

Lebih dari 70% anggota fakultas yang memiliki gelar Doktor, Sampoerna University memiliki program yang menjamin mahasiswa memiliki kredensial dan keterampilan lebih baik untuk karir di tingkat nasional maupun internasional setelah lulus. Para tenaga pendidik bersertifikasi Apple & Google memiliki pemahaman yang luas tentang teknologi terbaru.

Sampoerna University menerapkan metode pembelajaran STEAM yang memberikan pengalaman belajar yang komprehensif dan menyenangkan. Dengan memadukan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan matematika dalam proses pembelajaran memberikan pengalaman memecahkan masalah dan menemukan solusi secara kreatif dan inovatif.

Berkat kurikulum internasional dan soft skills relevan yang diajarkan di Sampoerna University, 94% atau 9 dari 10 lulusan Sampoerna lulusan bekerja dalam 3 bulan. Alumni Sampoerna University sangat dibutuhkan oleh perusahaan nasional dan internasional.

Dengan kuliah di Sampoerna University, mahasiswa bisa mendapatkan gelar Sarjana Amerika Serikat terakreditasi di Indonesia tanpa harus keluar negeri. Calon mahasiswa akan diberikan pilihan untuk program kuliah selama empat tahun di Jakarta dan mendapatkan double degree atau melanjutkan pendidikan selama dua tahun terakhir di University of Arizona.

Mahasiswa juga bisa mengembangkan hobi dan mendapatkan prestasi melalui berbagai organisasi dan klub mahasiswa. Hal ini dapat membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan sosial dan kepemimpinan serta memperluas jaringan profesional mereka.

Kampusnya memiliki fasilitas lengkap seperti laboratorium, ruang kelas, dan fasilitas olahraga yang modern untuk membantu para mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang menyenangkan dan memuaskan. Dilengkapi teknologi terkini seperti komputer, software, dan jaringan internet yang memastikan bahwa para mahasiswa memiliki akses ke informasi dan alat yang mereka butuhkan untuk belajar dengan efektif.

Sampoerna University juga memiliki program bimbingan belajar dan konseling melalui Student and Parent Advisory Center (SPAC) atau Pusat Penasihat Mahasiswa Orang Tua untuk membantu memahami proses pendidikan. SPAC juga memastikan bahwa setiap mahasiswa memiliki pengalaman belajar yang sukses. Tim profesional bimbingan belajar dan konseling di SPAC siap membantu mahasiswa dalam mengatasi kendala dan membuat rencana belajar yang efektif.

40% dari 200 universitas terbaik di dunia berada di Amerika Serikat.

+ 70% anggota fakultas bergelar Doktor.

94 persen lulusan bekerja dalam 3 bulan

Hemat 75% dari biaya pendidikan internasional

Sampoerna University, Kampus Ideal Hadapi Daya Saing Global

Berbagai keunggulan Sampoerna University sangat pas untuk memenuhi harapan mahasiswa dan orang tua. Pada umumnya orang tua mencari kampus yang bisa membuat anaknya bisa mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan. Kalau bisa tidak berlama-lama setelah wisudanya. Sampoerna University mewujudkan impian mendapatkan gelar Sarjana Amerika terakreditasi di Indonesia tanpa harus keluar negeri.

Tidak diragukan lagi lulusan Sampoerna University memiliki kompetensi bekerja yang lebih siap dan lengkap. Sebagai perguruan tinggi dengan fasilitas terbaik, metode pembelajaran lengkap, tenaga pendidik yang berkualitas dan bersertifikasi internasional, dan program mahasiswa yang memberikan pengalaman berharga dalam menyongsong masa depan.

Ayo bergabung bersama Sampoerna University untuk mendapatkan pendidikan berkualitas, siap menghadapi masa depan yang cerah, dan siap menjadi pemimpin masa depan.

Tentang Penulis:

Sosok kelahiran 10 November ini bernama lengkap Supadilah. Biasa dipanggil Padil. Menjadi guru sejak 2011. Saat ini mengajar di SMA Al-Qudwah. Selain mengajar punya amanah sebagai wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat atau humas.

Selain mengajar, hobi membaca dan menulis. Ya, literasi sudah jadi profesi kebanggaan. Peraih juara 2 Lomba Artikel Jurnalistik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2018 ini menuliskan pemikirannya tentang pendidikan dalam buku Menjadi Guru untuk Indonesia yang diterbitkan tahun 2018.