Untuk menumbuhkan jiwa berkarakter Pancasila, siswa SMA Terpadu Al-Qudwah mengadakan kenaikan Bantara pada 24-25 Februari 2023.

Kegiatan ini bertema “Jiwa muda yang suka berkarya dengan semangat kepramukaan.” Pembukaan apel dipimpin oleh Kak Luky Saputra. Pembukaan dilaksanakan di lapangan Badar, komplek pendidikan Al Qudwah, kabupaten Lebak, Banten.

Pramuka adalah kegiatan kepramukaan yang meliputi pendidikan kepanduan untuk anak-anak dan remaja yang dilakukan di Indonesia. Kegiatan Pramuka memiliki tujuan untuk membentuk karakter yang kuat, mandiri, kreatif, dan berakhlak mulia pada para peserta didiknya.

Beberapa kegiatan Pramuka yang sering dilakukan antara lain:

Kegiatan ini diperuntukkan bagi peserta didik Pramuka yang berusia 16-20 tahun. Kegiatan Penegak meliputi kegiatan pelatihan kepemimpinan, pertolongan pertama, serta pengabdian kepada masyarakat.

Manfaat Kegiatan Pramuka

Pramuka juga mengajarkan nilai-nilai kepramukaan seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, kerja sama, serta peduli terhadap lingkungan. Kegiatan Pramuka juga melibatkan pemilihan dan penggunaan tanda-tanda kepramukaan seperti lencana dan atribut seragam yang memiliki makna dan filosofi tersendiri.

Bantara Pramuka adalah jenjang pendidikan kepramukaan yang ditujukan untuk peserta didik yang telah menyelesaikan jenjang Penggalang. Peserta didik Bantara Pramuka umumnya berusia antara 13-16 tahun.

Dalam jenjang Bantara Pramuka, peserta didik akan mempelajari kepramukaan dengan lebih mendalam melalui kegiatan-kegiatan yang lebih kompleks dan menantang. Beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan dalam jenjang Bantara Pramuka antara lain: Penambahan pengetahuan dan keterampilan dalam teknik berkemah, hiking, dan bertahan hidup di alam terbuka.